Sabtu, 29 September 2012

Keselamatan Kerja Menggerinda

Keselamatan Kerja Menggerinda :

1 Memastikan bahwa tukang gerinda yang melaksanakan pekerjaan pengelasan konstruksi atau instalasi memiliki sertifikat yang sesuai dengan pekerjaan yang sedang ditangani.

2. Pelaksana harus menjelaskan instruksi kerja penggerindaan kepada tukang gerinda dan pekerja untuk dimengerti dan diikuti, serta menjelaskan potensi bahaya pekerjaan penggerindaan yang ada antara lain :ferro oksida, butiran logam halus (lead) dsb.

3. Penggerindaan tidak diperkenankan dilakukan didaerah yang mudah terbakar atau mudah meledak, apabila terpaksa dilakukan maka harus mendapat ijin kerja dari pelaksana yang terkait.

4. Memeriksa alat gerinda sebelum dipergunakan, semua bout harus kencang dan penutup / pengaman pada alat gerinda harus terpasang.

5. Menggunakan alat pelindung diri ( APD ) yang sesuai, seperti helm, sepatu bot, sarung tangan, kaca mata pelindung, masker pelindung / Penutup muka dan pelindung dada sebelum melakukan pekerjaan pemotongan.

6. Apabila tidak digunakan, aliran listrik pada alat gerinda harus dimatikan dan hanya dihidupkan apabila diperlukan.

7. Kabel / instalasi listrik yang digunakan harus diperiksa sebelum digunakan, tidak diperbolehkan ada kabel yang terkelupas, sambungan kabel yang tidak diberi penutup (isolasi) dan kabel diatur rapi tidak ditempatkan di jalur lalu lintas orang.

8. Panel listrik yang digunakan harus selalu tertutup / terkunci, tidak mudah terkena air hujan atau percikan air dari sumber yang lain.

9. Menyediakan alat pemadam kebakaran portable dan ditempatkan didaerah yang mudah dijangkau.

10. Semua bahan yang mudah terbakar dan mudah meledak harus disingkirkan atau diberi penghalang yang memadai.

11. Alat-alat dipastikan dalam posisi stabil, sehingga tidak mudah bergeser atau terguling saat operasi. Mata gerinda dipastikan tidak retak / tidak cacat.
12. Sisa hasil penggerindaan harus dikumpulkan dan dibuang ketempat yang telah ditentukan

13. Pelaksana pekerjaan harus memonitor masing-masing lokasi dimana pekerjaan penggerindaan sedang dilakukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar