Labels

Saturday 29 September 2012

Istilah dalam K3L dan Pengertiannya

Istilah dalam K3L dan Pengertiannya ;


1. Kecelakaan adalah kejadian yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan kematian, sakit, luka, kerusakan atau kehilangan/kerugian lain.

2. Bahaya adalah keadaan atau situasi yang potensial dapat menyebabkan kerugian seperti luka, sakit, kerusakan aset, kerusakan lingkungan kerja atau gabungan dari keadaan ini.

3. Identifikasi bahaya adalah menemu dan mengenalkan jenis-jenis bahaya yang berhubungan kegiatan / proses, termasuk bagaimana bahaya itu akan terjadi.

4. Konsekuensi adalah dampak yang mungkin timbul dari suatu bahaya.

5. Kejadian adalah peristiwa yang menyebabkan kecelakaan atau yang dapat mengarah pada kecelakaan.

6. Ketidak sesuaian adalah penyimpangan apapun dari standard kerja, praktek, prosedur, peraturan, kinerja sistem manajemen dan lain-lain yang dapat secara langsung atau tidak langsung menyebabkan luka atau sakit, kerusakan aset, kerusakan lingkungan kerja atau gabungan dari semuanya.

7. Resiko adalah gabungan dari kemungkinan dan konsekuensi dari bahaya tertentu pada saat kejadian.

8. Penilaian Resiko adalah penilaian dari keseluruhan proses terhadap besarnya resiko dan penentuan apakah resiko ini dapat diterima.

9. Keselamatan adalah bebas dari resiko yang tidak dapat diterima atau bahaya (ISO/IEC Guide 2).

10. Resiko yang dapat diterima adalah resiko yang telah dikurangi sampai tingkatan dapat diterima oleh organisasi sesuai dengan pemenuhan hukum terhadap kebijakan OHSAS.
11. Sistem manajemen K3 adalah bagian dari keseluruhan sistem manajemen yang memudahkan manajemen dari resiko K3L (Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan) sejalan dengan business organisasi. Hal ini mencakup struktur organisasi, rencana kegiatan, tanggung jawab, praktek, prosedur, proses dan sumber daya untuk pengembangan, penerapan, pencapaian dan peninjauan. 

12. Peningkatan berkelanjutan adalah proses untuk peningkatan sistem manajemen K3L untuk mencapai perbaikan kinerja secara keseluruhan dari keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan, searah dengan kebijakan perusahaan.

13. Normal adalah kondisi / keadaan reguler dan terencana.

14. Abnormal adalah kondisi / keadaan tidak normal baik terencana maupun tidak terencana dan masih terkendali.

15. Keadaan darurat (Emergency) adalah kondisi / keadaan yang tidak direncanakan / terjadi secara tiba-tiba dan dapat mengakibatkan dampak negatif terhadap keselamatan, kesehatan dan lingkungan.

16. Audit adalah pemeriksaan sistematis untuk menentukan apakah kegiatan dan hasil yang bersangkutan sesuai dengan pengaturan yang telah direncanakan dan apakah pengaturan ini diterapkan secara efektif dan sesuai dengan pencapaian kebijakan dan tujuan organisasi.

17. Eliminasi adalah menghilangkan suatu materi / bahan yang dianggap membahayakan.

18. Substitusi adalah mengganti suatu materi / bahan dengan bahan lain sehingga tingkat resiko lebih rendah.

19. Engineering adalah suatu usaha untuk melakukan modifikasi terhadap suatu alat atau kondisi sehingga tingkat resiko lebih rendah.

20. Administratif adalah suatu usaha untuk mengurangi resiko dengan pendekatan admistratif, misalnya prosedur kerja, ijin kerja panas, ijin kerja dingin, dll.

21. Alat Pelindung Diri adalah suatu usaha untuk mengurangi tingkat resiko dengan menggunakan alat pelindungan pada pekerja yang terpapar.

1 comment:

  1. cotoh susunan organisasinya gimana pak?
    tolong segera dijawab ya pak, makasih

    ReplyDelete