Sabtu, 29 September 2012

usaha rumah tangga

Berikut ini ada beberapa peluang usaha yang cocok untuk ibu-ibu rumah tangga:


Membuka Toko Kelontong: 

Jika anda memiliki area perumahan yang strategis. Memungkinkan banyak orang untuk berlalu lalang di depan rumah anda. Ide untuk membuka toko kelontong adalah cukup menggiurkan. Modal yang dikeluarkan tidak perlu besar-besar, mulai dari yang kecil terlebih dahulu. Contohnya dengan menjual kebutuhan sehari-hari yang biasa dipakai oleh banyak orang seperti, sabun, samphoo, indomie, minyak, dll. Yang terpenting adalah usahakan pengelolaan pembukuannya jelas, antara pendapatan, untung, dan modal harus benar-benar dipisahkan.



Membuka Usaha Jahitan:
Bagi anda yang memiliki hobi menjahit, bisnis ini juga dapat mendatangkan uang. Anda hanya perlu mengasah keterampilan menjahit yang anda punya. Anda bisa menawarkan ke tetangga terdekat untuk menjahit baju-baju yang sesuai dengan trend saat ini. Untuk bisnis ini, anda harus selalu mengikuti perkembangan fashion agar model-model jahitan anda tidak ketinggalan zaman.




Membuka Bimbingan Belajar: 
Bisnis bimbingan belajar cukup diminati juga saat ini. Dengan berbekal pengetahuan yang anda punya, anda bisa membuka bimbingan belajar kecil-kecilan di rumah. Atur waktu pertemuannya, tentukan mata pelajaran yang akan anda ajarkan. Untuk mata pelajaran tertentukah atau semuanya. Pengelolaannya perlu juga memperhatikan tingkatan umur (TK,SD,SMP & SMA), kelompokkan sesuai dengan tingkatan umur dan kelasnya masing-masing. Agar dalam memberikan materi dapat memudahkan anda sebagai guru bimbelnya. Selain itu alat penunjang lainnya, anda perlu menyediakan papan tulis (whiteboard) ukuran sedang, spidol dan buku-buku penunjang untuk bimbel tersebut




Membuka Butik Muslimah: 
Saat ini berbusana muslimah bukan saja menjadi keharusan, namun sudah merambah kepada trend. Banyak sekali pakaian-pakaian muslimah yang cantik-cantik dan menarik. Tidak ada salahnya anda juga mencoba bisnis ini. Anda bisa bertindak sebagai agen busana muslimah melalui kerja sama dengan beberapa perusahaan konveksi. Bisa dengan sistem online ataupun offline. Hal yang perlu diperhatikan dalam usaha ini adalah; kualitas pakaian, harga terjangkau, dan model yang menarik akan berpengaruh kepada pelanggan anda.



Menjadi Penulis: 
Jika anda memiliki hobi menulis, pekerjaan ini juga dapat dijadikan sebagai peluang usaha. Menulis dapat anda lakukan dimana saja tanpa harus meninggalkan rumah. Anda cukup memiliki komputer atau laptop dan koneksi internet. Anda sudah bisa melakoni pekerjaan ini. Misalkan ingin menjadi kontributor lepas di sebuah majalah, Koran, atau media online.




Menjadi Penterjemah: 
Jika dulu anda pernah kuliah mengambil jurusan bahasa asing. Pekerjaan sebagai seorang translator atau penterjemah dapat anda jadikan peluang usaha di rumah. Sebagai penterjemah anda dapat bekerjasama dengan penerbit atau perusahaan yang ingin menterjemahkan buku-buku asing ke bahasa Indonesia atau justru sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar